Gatot S Dewa Broto selaku Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) memberikan kabar terkini terkait persiapan Piala Dunia U 20 2021. Kabar yang dibagikan oleh Sesmenpora yakni terkait Intruksi Presiden (Inpres) dan Keputusan Presiden (Keppres) Piala Dunia U 20 2021 yang selama ini sudah dinanti akhirnya dipastikan bakal terbit pekan ini. Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa Inpres dan Keppres Piala Dunia U 20 2021 sudah selesai dibuat.

Hal itu karena Menpora, Zainudin Amali dan beberapa menteri yang bersangkutan sudah membubuhkan paraf untuk Inpres dan Keppres Piala Dunia U 20 sesuai dengan prodesut tetap (protap). “Untuk inpres, semua menteri terkait, termasuk Menpora sudah paraf. Presiden akan menandatanganinya minggu ini,” kata Gatot S Dewa Broto kepada wartawan, Kamis (27/8/2020). Sementara untuk Keppres Gatot menyampaikan biasanya dengan dikeluarkannya Inpres berbarengan juga dengan Keppres.

“Berdasarkan pengalaman kami ketika Asian Games 2018 lalu, inpres itu akan terbit bersamaan dengan Keppres,” ucapnya. Menurut Gatot untuk Inpres itu bertajuk dukungan penyelenggaraan FIFA U 20 World Cup 2021 dan diharapkan pekan ini sudah keluar. Inpres tersebut pada dasarnya melibatkan beberapa kementerian seperti Kementerian Pemuda dan Olaharaga (Kemenpora), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat, Kementerian Keuangan, kementerian Kesehatan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Oleh karena itu, selama ini masih banyak yang perlu dimatangkan apalagi sempat mandek karena adanya pandemi Covid 19. “Minggu ini sudah keluar,” tutur Gatot. Keppres sendiri akan mensahkan susunan panitia nasional Piala Dunia U 20 2021, yang mana kepanitiaan ini disebut INAFOC (Indonesia FIFA U 20 World Cup 2021 Organizing Comitte).

Pada dasarnya Keppres belum diterbitkan tapi Ketua Umum dan wakilnya sudah di pastikan. Ketua Umum INAFOC adalah Menpora, Zainudin Amali dan wakilnya adalah Iwan Budianto yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Sementara ini enam stadion sudah dipastikan bakal menjadi tempat venue untuk berlangsungnya Piala Dunia U 20 2021.

Enam stadion tersebut yakni, Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Untuk saat ini beberapa stadion sudah direnovasi dan beberapa diantaranya masih menunggu hingga Inpres diterbitkan baru bisa mulai merenovasi.