Pernikahan viral di Facebook (FB), janda muda kawin lagi bareng 3 anak gadisnya. Mereka pun menggelar resepsi pernikahan secara bersama di lapangan bola diCiamis, Jawa Barat (Jabar). Karena keunikannya, banyak warga sekitar yang datang sekadar menonton pesta pernikahan janda dan tiga anak gadisnya tersebut.

Eti (48) dan ketiga anaknya (perempuan semua), masing masing Tati Suryati (25), Tita Sugiarti (23), dan si bungsu Resi Refayanti (19) memang keluarga yang kompak. Empat warga Dusun Pasir Jaya RT 04 RW 01 Desa Andapraja Kecamatan RajadesaCiamis, Jawa Barat itu menggelar resepsi pernikahan serentak di lapangan bola Pasir Peuti Dusun Pasir Jaya, Selasa (25/2/2020). Empat pasangan pengantin, ibu dan tiga anaknya bersama suami masing masing naik pelaminan serentakdi lapangan di hari yang cerah Selasa siang tersebut.

Foto resepsi pernikahan mereka tersebar luas di facebook. Netizenpun heboh karena menganggap peristiwa tersebut termasuk langka. Buntutnya, Eti dan ketiga anaknya itu kini jadi viral.

“Selama 12 tahun ikutmengelola WO (wedding organizer) baru kali ini ada kejadian langka. Seorang ibu menggelar resepsi pernikahan serentak sekaligus bersama tiga anaknya. Agus yang kini jadi owner WO Rangers WeddingJang Agus58 asal Desa Kiarapayung RancahCiamistersebut bekerja bareng dengan fotografer Japrot foto (Kawali), make up Cici Salon (Rajadesa), hiburan Suara Nada (Rancah) serta MC Agus dan Asep SM dipercaya menyelenggarakan resepsi pernikahan ibu dan tiga anak serentak di lapangan bola Pasir Peuti, Selasa (25/2/2020).

“Yang serentak itu resepsi pernikahannya. Kalau akad nikahnya sih beda waktu, tapi sama sama masih di bulan Februari. Kami hanya dipercaya untuk melaksanakan resepsi pernikahannya saja.

Resepsinya memang serentak,” katanya. Menurut Agus, yang pertama menggelar akad nikah adalah Tita Sugiarti (23) dengan pasangannya Imam (21) Cibeureum Rancah, Rabu (5/2/2020). Tita adalah anak kedua dari Eti.

Esok harinya, Kamis (6/2/2020) giliran si bungsu, ResiRefayanti (19) yang baru menamatkan pendidikannya di SMK Taruna BangsaCiamismenikah denganUdi (24). Rupanya setelah menyaksikan akad nikah kedua anaknya yang digelar berturut di hari yang berbeda tersebut, Eti (48) yang sehari hari menggelola warung di rumahnya di Dusun Pasir Jaya Desa Andapraja Rajadesa tersebut berniat pula mengakhiri masa menjandanya setelah ditinggal suaminya yang meninggal. Suparman (38) asal Palembang yang sudah dikenal sejak 3 tahun lalu, menjadi pilihan.

Adapun Eti, ibu beranak tiga tersebut menjalani proses akad nikah dengan Suparman hari Minggu (9/2/2020). Begitu mengetahui Tita dan Resi sudah resmi menikah, Suparman datang keCiamis, mengajak Eti (ibu Tita dan Resi)menikah. Eti pun tak menolaknya, akhirnya hanya berselang beberapa hari tepatnya, Minggu (9/2/2020), Suparman di hadapan penghulung resmi melantunkan akad, menikahi Eti.

“Dalam mitos Sunda, ada pamali. Katanya tidak boleh menggelar hajat nikah, satu keluarga tiga kali dalam setahun,” ujar Agus. Mungkin entah menyiasati mitos pamali tersebut atau tidak, si sulung TatiSuryati (25)mengikuti adik adiknya Janda beranak satu tersebut resmi menikah dengan pujaan hatinya, Irfan Ahmad Saifan (35) asalCibulakan Rajadesa.

Prosesi akad nikah Tati dengan Irfan tersebut berlangsung hari Kamis (20/2/2020). “Seluruh rangkaian proses akad nikah Ibu Eti dan ketiga anaknya itu berlangsung di rumah keluarga di Dusun Pasirjaya. Penghulunya dari KUA Rajadesa,” katanya. Informasi dari pihak keluarga, menurut Agus, sebenarnya Eti hanya menginginkan anak pertamanya itu, yakni TatiSuryati yang didorong untuk menikah.

Tati yang sehari hari mengelola salon tersebut semula menolak dengan berbagai alasan. “Menariknya yang mau menikah malah Tita, anak kedua ibu Eti. Menyusul kemudian Resi, lantas ibunya,Eti. Akhirnya Tati mau juga menikah,”jelas Agus.

Ibu Eti dan ketiga anaknya tersebut sepakat menggelar resepsi pernikahan serentak pada hari yang sama, Selasa (25/2) lokasinya di Lapangan Bola Pasir Peuti Dusun Pasirjaya, sekitar 100 meter dari rumah pengantin. “Meski resepsi pernikahannya serentak tetapi undangannya masing masing. Jadi nggak aneh kalau ada warga atau handai taulan ibu dan tiga anaknya tersebut mendapat empat undangan sekaligus,” katanya.

Resepsi pernikahan serentak ibu Eti dan tiga anak perempuannya di lapangan bola tersebut menjadi perhatian warga setempat. Banyak warga setempat berdatangan ke lapangan bola Pasir Peuti, menyaksikan resepsi pernikahan ibu dan tiga anaknya sekaligus. Ibu dan tiga anak duduk di pelaminan yang panjang, bersama pasangan pengantin masing masing.

Dan resepsi pernikahan yang unik tersebut menjadi perhatian netizen.