Kabar duka kembali datang dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Seorang dokter, dr. Michael Robert Marampe, meninggal dunia karena terpapar virus corona (Covid 19). Hal ini disampaikan oleh Pengurus Besar (PB) IDI melalui akun Instagram resminya, Minggu (26/4/2020).

Humas IDI, dr. Halik Malik, pun membenarkan kabar tersebut. Ia menyebutkan, hingga saat ini tercatat 24 dokter meninggal dunia akibat Covid 19. Diketahui, Michael meninggal dunia di RS Polri Kramat Jati.

Kristianingsih menyebutkan Michael meninggal dunia di rumah sakit tersebut pada Sabtu (25/4/2020) lalu. Ia mengatakan, Michael telah dirawat di RS Polri Kramat Jati sejak Kamis (23/4/2020). Sebelumnya, menurut informasi yang diterima Kristianingsih, Michael lebih dulu dirawat di Rumah Sakit Persahabatan.

"Dirawat di Rumah Sakit Polrisejak tanggal 23 April 2020," tuturnya. Dalam unggahan video yang ia unggah pada Jumat (17/4/2020) tersebut, Michael menyampaikan bahwa dirinyasudah memasuki hari ke 8 dalam masa perawatan di rumah sakit. Ia menuturkan bahwa dirinya saat ini positif Covid 19.

"Halo teman teman semua! Selamat pagi dan selamat beraktivitas. Michael kemudian mengungkapkan bahwa menjadi dokter merupakan kebanggaan tersendiri untuknya. Menurutnya, dengan profesi tersebut, ia mampu membantu banyak orang.

Ia pun mengungkapkan bahwa tidak pernah ada penyesalan sedikitpun dalam benaknya ketika memutuskan menjadi dokter. Buat saya, menjadi seorang dokter itu adalah suatu kebanggaan tersendiri, kita bisa melayani pasien, membantu banyak orang, dan tidak ada penyesalan sedikit pun," ungkapnya. Lebih lanjut, Michael memberikan dukungan pada para tenaga medis yang menangani pasien Covid 19.

Ia juga mengingatkan supaya para tenaga medis selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap selama bertugas. "Buat teman teman yang ada di garda terdepan, tetap semangat dan wajib menggunakanAPD yang lengkap. Selalu semangat teman teman semua," ucapnya. Dalam video tersebut, Michael juga menyampaikan apresiasinya terhadap para tenaga medis yang merawatnya di RS Persahabatan.

Saat itu, ia menyebutkan bahwa kondisinya sudah mulai membaik. "Saat ini, saya dirawat dengan baik oleh rekan rekan tim medis @rs_persahabatan yang luar biasa semangat, tekun tanpa pandang lelah," tulis Michael dalam keterangan videonya di Instagram. "Saya sudah berada di sinidelapanhari dan Puji Tuhan keluhan saya semakin membaik, hanya tinggal batuk sedikit sedikit," tambahnya.

Dalam keterangan yang ia tulis dalam unggahannya, Michael juga berpesan pada masyarakat supaya membantu tim medis dengan tetap tinggal di rumah demi mencegah penularan. "Buat teman teman lainnya, bantu kami, tim medis, dengan tetap di rumah dan beraktivitas di rumah," kata Michael. Rupanya, dr. Michael berencana menikahi pujaan hatinya di tahun ini.

Bahkan, awalnya, mereka berencana menikah pada 11 April 2020. Karena adanya wabah virus corona, mereka menunda pernikahannya dan menjadwalkan ulang untuk menikah pada 12 September 2020 mendatang. Michael pun telah menyiapkan sebuah lagu untuk calon istrinya, yang akan ia nyanyikan di hari pernikahan.

Hal ini terungkap dalam unggahan akun Instagram pribadi kekasih Michael,Tri Novia Septiani. Dalam keterangan foto yang diunggahnya, Novia mengatakan bahwa ia akan menepati janjinya pada Michael. Ia akan menyelesaikan lagu berjudul 'Kau yang Terakhir' , yang Michael ciptakan untuknya.

"Sayang, ada satu lagi janji yangaku mau tepatin sama kamu,aku akan kelarin lagu yang kamu buat buat aku,'Kau yang Terakhir', yang harusnya kita bawakan pada pernikahan kita tanggal 11 April kemarin terus mundur ke tanggal 12 September ini," tulis Novia dalam unggahannya, Minggu (26/4/2020). "Kamu udah bikinmusik yang sangat indah,Sayang. Aku selalu dengerin waktu kamu bikin. Sekarang giliranku untuk take suara, aku akan persembahkan suara terindah buat kamu ya, Sayang," sambungnya.

Dalam unggahannya tersebut, Noviamengungkapkan, bahwa perasaannya terhadap Michael tak pernah berubah hingga Michael menutup mata. Novia menuturkan, selama ini ia selalu berkeyakinan bahwa rencana Tuhan selalu lebih indah dari rencana manusia. Ia juga menekankan, bahwa selama bersama dengan Michael, Novia tak pernah sekalipun berpaling pada yang lain.