Peristiwa dramatis saat penangkapan penjahat terjadi di Prabumulih, Sumatera Selatan.. Peristwa menegangkan terjadi saat jajaran Reskrim Polres Prabumulih berusaha meringkusseorang pembongkar rumah, Rabu (22/04/2020) Ketua Tim Buser Polres Prabumulih yang tengah meringkus pelaku yang belakangan diketahui bernama Diki (31) mendapatkan reaksi dari keluarga pelaku.

Sebab itu Katim Buser Polres Prabumulih dan anggota dikepung dan dikeroyok, bahkan pistol direbut. Berikut ini Fakta dan Kronologis Penangkapan Pelaku Pembongkar rumah oleh jajaran Reskrim Polres Prabumulih: Seorang pelaku pencurian bongkar rumah yang meresahkan warga Prabumulih berhasil diringkus Tim opsnal Polsek Prabumulih Barat, pada Rabu (22/04/2020).

Penangkapan terhadap pelaku yakni Diki (31) warga Jalan Alipatan Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara itu sempat berlangsung dramatis. Hal itu disebabkan sejumlah anggota keluarga pelaku menghalangi dan melakukan pengeroyokan terhadap salah seorang petugas yang hendak melakukan penangkapan terhadap Diki. Tidak hanya itu, salah satu anggota keluarga pelaku bahkan berusaha merebut senjata api milik petugas sementara anggota keluarga lainnya memegang tangan, mengigit petugas tersebut.

Untungnya, anggota lain yang melihat langsung melakukan tindakan, sehingga anggota keluarga Dwi mundur dan menjauhi petugas. Peristiwa tersebut terjadi di rumah pelaku disaksikan warga dan aparat pemerintah setempat. Selanjutnya guna kepentingan penyelidikan dan proses lebih lanjut, pelaku digelandang ke sel tahanan Mapolsek Prabumulih Barat.

Dalam laporannya dengan nomor nomor Lp/B 126 /VII/2019/Sumsel/Pbm/Sek Pbm Barat menyatakan, jika rumahnya dibobol pelaku dengan cara mencongkel jendela lalu masuk rumah pada Rabu (10/7/2019) sekira pukul 07.00. Pelaku saat melakukan aksinya mengambil barang bukti berupa mengambil tiga unit handphone, tabung gas elpiji 3 kilogram, satu buah timbangan 100 kilogram dan satu buah gerinda. Mendapat laporan itu petugas langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengetahui identitas serta keberadaan pelaku.

Petugas lalu mendatangi kediaman pelaku untuk melakukan penggerbekan namun justru mendapat perlawanan dari pihak keluarga. "Pelaku kita ringkus karena melakukan pencurian rumah warga, pelaku masuk rumah korban dengan cara mencongkel jendela rumah dan mengambil sejumlah barang bukti," ungkap Kapolres Prabumulih, AKBP I Wayan Sudharmaya SH SIK melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Murshal Mahdi SE didampingi Kanitreskrim Ipda Darmawan SH kepada wartawan, Kamis (23/4/2020). Darmawan menjelaskan, saat dilakukan penangkapan pihak keluarga pelaku berusaha menghalangi petugas, bahkan tiga orang diantaranya yakni dua wanita berinisial DI (35) dan LI (41) serta satu orang laki laki berstatus pelajar inisial IN (14) melakukan perlawanan terhadap petugas.

Keluarga pelaku yakni DI dan LI menarik, mencakar dan menggigit pergelangan tangan Katim Buser Bripka AW Boy. Bahkan salah satu diantaranya yakni IN berusaha merebut senjata api yang dipegang oleh Bripka AW Boy. Beruntung aksi perlawanan yang dilakukan oleh keluarga ini berhasil ditenangkan dan Diki berhasil digelandang ke Mapolres Prabumulih.

"Pelaku telah diamankan dan masih menjalani pemeriksaan petugas kami, atas perbuatannya pelaku akan kita jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," tegasnya.