Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, menjadi satu satunya wilayah di Tangerang Selatan yang sampai saat ini belum ditemukan kasus positif Covid 19. Hingga Rabu (29/7/2020), di Kelurahan Cipayung baru terdapat 17 kasus suspek dan 32 kasus kontak erat, tanpa ada pasien positif Covid 19. Menanggapi hal itu Lurah Cipayung Tomi Patria mengatakan bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh ketatnya pengawasan protokol kesehatan yang dilakukan oleh tim gugus tugas Covid 19 di tingkat RT/RW.

"Jadi aktif pendekatan ke warga warga, memberikan penjelasan door to door untuk menjaga wilayahnya dengan protokol kesehatan," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/7/2020). Menurut Tomi, pendekatan tersebut juga sejalan dengan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan. Mulai dari kewajiban menggunakan masker setiap keluar rumah dan juga larang untuk berkerumun.

"Jadi RT/RW sama timnya bergerak ke lingkungannya masing masing. Agar sebisa mungkin protokol kesehatan itu dipatuhi," ungkapnya. Selain itu, pergerakan orang di wilayah Kelurahan Cipayung juga diawasi secara ketat oleh tim gugus tugas RT/RW. Hal ini dilakukan dengan mendata setiap warga yang hendak bepergian jauh atau pendatang dari daerah lain.

"Jadi kalau ada pendatang kami data. Dia datang dari daerah mana dan kami tanyakan ada hasil tes Covid 19 atau enggak," ungkapnya. Untuk memastikan pengawasan tersebut tetap berjalan, Tomi menyebut pihak kelurahan aktif berkomunikasi dengan gugus tugas RT/RW dan pengurus lingkungan setempat. "Kami juga selalu informasikan, kalau ada tes Covid 19 gratis warga diimbau ikut. Sebelumnya juga sudah pernah rapid massal di setiap wilayah Kelurahan Cipayung," ungkapnya.

Untuk diketahui, Jumlah kasus positif Covid 19 di Kota Tangsel per Rabu (29/7/2020) mencapai 520 kasus. Dari jumlah tersebut, 414 pasien di antaranya dinyatakan sembuh. Angka kesembuhan bertambah 14 orang dari data terakhir pada Selasa (28/7/2020), yakni 400 orang. Sementara angka kematian akibat Covid 19 di Tangsel tidak ada penambahan atau tetap 37 orang.

Saat ini, terdapat 69 pasien positif Covid 19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri. Sementara itu, jumlah kasus suspect yang masih aktif tercatat delapan orang, sedangkan kontak erat yang masih aktif berjumlah dua orang. Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat menjadi satu satunya wilayah di Tangsel yang sampai saat ini bebas dari kasus positif Covid 19.

Di sisi lain, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren menjadi wilayah dengan kasus positif tertinggi di Tangsel, yakni 29 kasus positif Covid 19.