Berikut cara mendapatkan token listrik gratis di bulanAgustus 2020 melalui program stimulus listrik gratis. Adapun, token listrik gratis ini hanya dibagikan untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan 900 VA. Terdapat dua cara untuk mendapatkan token listrik gratis PLN, yaknimelalui di www.pln.co.id atau WhatsApp.

Keringanan tarif listrik ini dilakukan oleh Pemerintah melalui PLN, untuk menekan dampak ekonomi dari pandemi virus corona. Bagi pelanggan 450 VA akan mendapatkan token gratis senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Sedangkanbagi pelanggan 900 VA, akan diberi subsidi diskon sebesar 50 persen, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Pelanggan PLN ini dapat menikmati stimulus pembayaran listrik gratis dan diskon yang diberikan pemerintahselama tiga bulan, yakni April sampai dengan Juni. Tetapi, program ini diperpanjang sampai September 2020, mendatang. Oleh karena itu, berikut tutorial untuk mendapatkanakses token gratis dan diskon melalui website dan WhatsApp:

Dikutip dari Instagram resmi PLN, ada dua cara untuk mendapat stimulus pembayaran tagihan listrik. Yakni mengakses situs PLN www.pln.co.id atau mengirimkan nomor ID melalui pesan WhatsApp ke 08122 123 123. Buka lamanwww.pln.co.id.

Setelah membuka laman resmi PLN, kemudian diarahkan ke situs layanan.pln.co.id. Masuk ke menu 'pelanggan' Pilihlah 'Stimulus Covid 19'

Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia. Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar. Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan.

Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang didaftarkan tadi. Di setiap bulannya, warga harus selalu login kembali atau mengulang kembali dengan cara yang sama untuk mendapatkan listrik gratis dan token diskon 50 persen. Ketik pesan di nomor WhatsApp PLN: 08122123123.

Kemudian, akan muncul balasan otomatis dari PLN. Lanjutkan mengetik kode 1. Kemudian, PLN akan memintamu untuk menuliskan ID pelanggan atau nomor kWh meteran.

Jika ID meteran memenuhi syarat, maka akan mendapatkan token listrik dan bisa langsung digunakan. Namun, jika ID meteran listrikmu tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan balasan seperti berikut ini: "Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)."

Cek struk pembayaran sebelumnya. Lihat pada kolom Tarif/Daya. Jika tertera kode R1, maka berhak mendapatkan keringanan.

Cek struk pembayaran sebelumnya. Lihat pada kolom Tarif/Daya. Jika tertera kode R1M, maka tidak mendapatkan keringanan.