Astro Sabina Pendidikan Kelebihan Jurusan Teknologi Pangan Yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan Jurusan Teknologi Pangan Yang Perlu Anda Ketahui


Salah satu program studi yang terdapat di bangku kuliah S1 adalah Teknologi Pangan.  Jurusan ini memegang peranan yang sangat penting untuk mendukung kesuksesan dalam pengolahan dan pendistribusian  hasil pertanian di tanah air menggunakan teknologi canggih. Sehingga dapat menjamin ketersediaan pangan secara aman, bergizi dan berkesinambungan di masyarakat.

Kelebihan Jurusan Teknologi Pangan Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini ini beberapa kelebihan bagi anda dalam memilih jurusan teknologi pangan di kampus, antara lain:

Bisa melakukan pengawetan makanan

Dengan anda kuliah di jurusan teknologi pangan di kampus pada program studi S1 maka anda akan belajar tentang bagaimana cara mengawetkan makanan. Hal ini sangat penting karena sebuah bahan pangan atau makanan mempunyai batas kedaluarsanya.

Berbagai penyakit yang berasal dari makanan dapat dihilangkan

Manfaat mengambil jurusan teknologi pangan selanjutnya adalah membuat anda dapat memahami dan terampil dalam menghilangkan berbagai macam bakteri atau penyakit dari makanan. Sehingga makanan lebih terjamin aman. Teknologi pangan yang dipelajari di bangku kuliah mampu menghilangkan mikroba jahat lewat jalan pasteurisasi.

Mempertinggi kandungan nutrisi pada makanan

Teknologi pangan yang dipelajari oleh mahasiswa mahasiswi di kampus akan membuat mahasiswa jurusan teknologi pangan bisa mengetahui cara meningkatkan kandungan nutrisi pada makanan secara praktis dan aman. Misalkan lewat jalan fortifikasi.

Memperkecil tingkat kerugian dari sisa bahan pangan

Kehadiran jurusan teknologi pangan di bangku universitas mampu  mendorong hasil pertanian yang melimpah dan sudah dipanen bisa dijadikan aneka macam bahan makanan yang berguna. Contohnya  panen buah tomat yang sangat melimpah dapat dijadikan saos tomat dalam kemasan. Atau jika panen  bawang merah dalam skala hasil panen yang sangat besar mampu dibuatkan olahan makanan bawang goreng siap saji.

Mengkonsumsi makanan lebih efisien

Ilmu teknologi pangan yang dipelajari oleh mahasiswa mahasiswi di kampus berguna juga dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengkonsumsi makanan secara lebih sehat dan praktis. Contohnya dengan membuat bumbu penyedap, susu cair instant, kopi instant, dan lain sebagainya.

Dengan kelebihan-kelebihan dari  jurusan teknologi pangan yang telah disebutkan di atas mungkin anda tertarik untuk mengambil jurusan kuliah tersebut.  Salah satu perguruan tinggi swasta ternama khususnya di kawasan Bandung Timur yang menyediakan program studi Teknologi Pangan S1 adalah  Universitas Ma’soem. Universitas swasta di kota Bandung ini juga membuka program studi Perbankan Syariah.